Sunday, September 11, 2011

My Dream City, Alexandria!

Sepotong view Alexandria :)
Sejak lama, kalau ada yang tanya kota mana yang mau saya kunjungin, saya akan cepat ngejawab "Alexandria" !! Haha, paling gak Alexandria adalah salah satu kota impian yang paaaaling pengen saya kunjungin di antara tempat-tempat lainnya. Gak tau kenapa ya, kok saya demen banget sama kota ini.

Pernah waktu SMA saya ditanya guru komputer saya, saya mau liburan kemana kalo dikasi kesempatan. Pikiran saya langsung ketuju ke Alexandria. Trus barusan kemarin, dosen bahasa Inggris saya nyuruh kami, mahasiswa/i-nya, untuk ngebuat suatu karya tulis singkat tentang tempat di dunia yang ingin kita jadikan tujuan berlibur atau travelling, yang nantinya bakal dipresentasikan dalam bentuk speech, lengkap dengan deskripsi tempat tujuan dan alasan memilihnya. Dan tanpa banyak cingcong lagi, saya memilih tema : Alexandria. Hehe :p

Lalu, sebenernya kenapa sih saya suka sama Alexandria? Nah, saya sendiri juga lupa awal kenapa saya seneng sama kota itu, hehe, pokoknya yang saya tau, Alexandria itu nyimpen banyak keindahan di dalamnya. Saya suka browsing-browsing di internet tentang Alexandria, tentang apa-apa aja yang ada disana, sampai budget travelling kesana.. Haha, ngarep banget deh pokoknya. Saya bagi sedikit yaa tentang Alexandria. :)

Lukis Alexander The Great
Alexandria atau Ikandariah adalah kota terbesar kedua di Mesir (Egypt) yang terletak di pantai Laut Tengah. Kota ini terletak di sebelah barat laut Kairo. 
Dinamakan seperti itu, karena pendiri kota ini adalah Alexander The Great sekitar 331 tahun sebelum Masehi. Alexandria menjadi tempat penguasa Mesir kala itu dan berkembang dengan cepat menjadi salah satu kota termegah di dunia, serta menjadi kota nomor dua setelah Roma dalam hal luas dan kekayaan. Tetapi, setelah pendirian Kota Kairo oleh penguasa Islam Mesir pada zaman pertengahan, status Alexandria sebagai ibu kota negara berakhir setelah berkuasa selama 1000 tahun dan tepatnya berakhir pada periode Ottoman.

Di Alexandria terdapat banyak sekali aset-aset yang dapat dikunjungi. Kita dapat berkunjung ke Montazah Garden. Di taman seluas 115 yard itu, pengunjung dapat dengan plongnya menyaksikan lengkungan pantai utara benua Afrika yang sangat menakjubkan. Tidak hanya eksotika pantai, di taman yang dikelilingi oleh tembok yang membentang dari timur, barat, selatan serta pantai utara itu, kita dapat singgah dan bercengkrama di istana bernama Salamlek dan Haramlek. Bangunan tersebut merupakan peninggalan Raja Fuad yang dirampungkan pada tahun 1932 M. Sepoian angin di Montazah Park kerap menjadi magnet bagi turis mancanegara dan pribumi tiap kali mampir ke kota Alexandria.
Montazah Garden
Disamping wisata alamnya, kita juga dapat berpetualangan menelusuri gunungan buku di lorong-lorong perpustakaan terbesar di dunia yang berdiri di sentral kota itu, Perpustakaan Iskandariah. Merujuk ke lembaran sejarahnya, perpustakaan Alexandria pertama kali dibangun oleh Ptolemi I pada tahun 323 SM. Lantaran kecintaan sang panglima militer itu terhadap ilmu, ia pun terus mengumpulkan berbagai buku dari disiplin ilmu. Akhirnya sampai ke Ptolemi III kurang lebih ada 700.000 buku dan manuskrip tersimpan di perpustakaan itu.

Namun, perjalanan aset keilmuan itu terusik pada tahun 48 SM, akibat serangan yang dilancarkan Julius Caesar ke kota Alexandria. Sejarah mencatat tidak lebih dari 400.000 buku ludes dilahap Si Jago Merah pada saat itu. Insiden ini menjadi luka yang amat mendalam di kalangan pecinta ilmu Alexandria. Tidak lama berselang pasca pembakaran, akhirnya Caesar pun meminta maaf kepada pemerintahan Mesir. Guna menebus kesalahan itu ia pun menghadiahkan sekitar 200.000 buku kepada Ratu Mesir, Cleopatra. Konon sejak itu asmara dan falling in love antara Cleopatra dan Caesar mulai bersemi. Henjieee.. #eh #salahfokus :p


The Largest Library in the World :)))





Perpustakaan tampak depan ..
Pada tahun 1990, atas inisiatif Pemerintahan Mesir dan UNESCO berniat kembali mengeksiskan perpustakaan dengan jalan perenovasian. Akhirnya sejak Oktober 2002 Pemerintah Mesir membuka kembali perpustakaan tertua di dunia itu untuk umum. Sekarang perpustakaan Alexandria telah menyimpan jutaan buku dari pelbagai disiplin ilmu. Ruangannya juga dilengkapi 500 komputer yang dapat mengakses semua buku secara digital dan kapasitasnya juga dapat menampung sekitar 1.700 orang. Waa, gak kebayang saya disana dan nyaksiin pake mata sendiri rangkaian sejarah panjang perpus ituuu... *matabelo*

Qait Bay
Setelah memuaskan selera baca di perpustakaan, disana kita bisa kunjungi Qait Bay. Qait Bay Citadel adalah sebuah benteng kecil yang menjorok ke arah laut, dan didirikan di atas reruntuhan mercu suar Pharos. Saat itu, mercu suar ini mempunyai tinggi 125 meter serta 300 kamar bawah tanah yang diperuntukkan bagi para pekerja. Persisnya bangunan yang dipelopori al-Ashraf Saif al-Din Qait Bay pada tahun 1479 M itu berada di utara perpustakaan Alexandria.


Tidak hanya objek keduniaan, tour kita juga bakal semakin syahdu jika menyempatkan menyingahi masjid dan makam Nabi Daniel As. Begitu juga Masjid al-Abbas Al-Mursi yang memiliki empat kubah menjulang ke angkasa, dan sekarang telah menjadi corong tertinggi di kota Alexandria.
Al-Abbas Al-Mursi
Menyusuri Niil.. Semoga suatu saat nanti . .
Yang paling saya pengenin dari ini semua adalah satu mimpi. Menyusuri sungai nil dengan perahu mereka. Saya pengeeeen banget. Ya mungkin gak jauh-jauh amat kali ya nyusurin sungai kapuas dengan perahu bapak-bapak pengayuh sampan, hihii, tapi saya yakin pengalaman di Alexandria itu mungkin bakal berkali-kali lipat lebih asik.  >o<





Begitulah gambaran singkat tentang Alexandria. Sebenernya , masih banyak sih tempat-tempat yang bisa kunjungin, belum piramidnya, trus belum Opera House-nya, Museum Alexandria, Monumen-monumennya, pantainya dan baaanyak lagi. Trus pengen nyobain makanan-minuman khasnya juga, uuu, mantep pasti :9

Ngomong-ngomong udah dulu deh postingan saya tentang Alexandria. Lagian saya ngejelasinnya udah kayak yang pernah pergi aja, padahal referensinya ya dari browsing sana sini juga..hehehe..
Pada intinya, moga suatu saat saya dikasi kesempatan untuk ngunjungin Kota Alexandria, my dream city :) Doain yaa :)
The Last, Alexandria at Night ;)



Sumber : Wikipedia, Alexandria Photo Gallery dan berbagai sumber di internet yang paham seluk beluk Alexandria atau pernah ke Alexandria sebelumnya :p

No comments:

Post a Comment

thank you for your time and your words! ^^

Para Kesatria Sunyi oleh Salim A. Fillah

Untuk mengawali tulisan-tulisan saya selanjutnya di blog ini, berikut merupakan kultweet yang saya ambil dari twitter Ustad @salimafillah,...