Monday, April 15, 2013

Sepenggal Cerita di Penggalan Pulau

'lemukutan, 4-5 april 2013'
Pengen sharing tentang momen menyenangkan pembuka bulan April kemarin. :)
Jadi tiba-tiba ayah saya ngajakin ke pulau. Ketika bahas-bahas pulau mana yang bakal kita kunjungin, ayah bilang namanya pulau Lemukutan. Dan ketika itu saya baru ngeh, ternyata pulau yang selama ini sering ayah datengin bolak-balik semenjak ayah SMA karna banyak keluarga jauh kami itu ya pulau Lemukutan, nama pulau yang lumayan sering saya dengar dan omongin. hehe.

Rencananya kami pergi berdua aja. Mama ga ikutan pergi, karna ngurus acara kantor jadi ga bisa ijin, adek saya hafis lagi ulangan dan si bakpao bungsu-hanif ga mau ikutan kalau mama saya ga ikut. Sebenarnya kami berencana pergi hari Rabu 3 April, tapi karna ayah ada urusan yang harus diselesaikan, jadi kami baru berangkat kamis subuh.

Hari kamis jam 5 pagi pun kami berangkat. Perjalanan jauh cuma berdua sama ayah ini baru pertama kalinya untuk saya, karna kalau keluar kota atau kemanaa gitu kan pasti rame-rame. Jadi topik pembicaraan kami selama di perjalanan bener-bener macem-macem dan random. Mulai dari ekonomi, pengalaman hidup, keluarga, pekerjaan, bisnis, negara, ketawa ketiwi, pokoknya macam-macam yang membuat perjalanan kami jadi ga kerasa.

a random conversation, and two cups of coffee milk..
Jam 8an sampailah kami ke Teluk Suak. Nah, sharing juga untuk yang mau berwisata ke Lemukutan, kita harus drop dulu di Teluk Suak. Teluk Suak berlokasi di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, kalau dari arah Pontianak, disana kita akan menemukan sebuah gang dengan gerbang klenteng. Masuk kesitu. Di ujung gang udah ada dermaga kecil, banyak motorl air nelayan dan penumpang yang udah siap nganterin kita ke Pulau Lemukutan (15.000), Pulau Randayan (25.000) atau Pulau Penata Besar/Kecil (10.000). Oya, jangan khawatir dengan kendaraan kita, karna ada tempat penitipan kendaraan, biaya-nya 10.000 per hari.

"menatap punggung ayah..." :)
Sebelum naik ke kapal, kita kadang ga bisa langsung naik karna para nelayan dan bapak-bapak kapal di pagi begini lagi sibuk-sibuknya bongkar muat barang-barang. Jadi harus sabar sebentar. Sekedar saran, kalau memang mau ke pulau, bagusnya memang turun pagi-pagi, bukan sore, karna rata-rata motor air berangkat dari sekitar jam 8-10an pagi, jadi kitanya juga ga ketinggalan. Kapal juga ada yang berangkat sore, tapi gelombangnya lebih kuat daripada gelombang pagi. Alhamdulillah ketika saya dan ayah pergi, laut lagi musim-musim 'tenang', jadi insya Allah ga masalah.

dermaga teluk suak

Jam 9, kami pun 'berlayar'. Di motor air yang kami tumpangi, ada sekitar 20 orang yang punya tujuan berbeda-beda, kebanyakan mereka baru pulang dari belanja kebutuhan dan memang tinggal di pulau. Penumpang disini ramah-ramah, dan semuanya ngomong bahasa sambas. Dari sinilah nantinya telinga saya bakal mulai terus-terusan dengerin orang ngomong sambas. haha. Butuh waktu sekitar 2,5 jam menuju pulau Lemukutan. Di kejauhan, udah nampak banyak pulau-pulau. Daaan, akhirnya kami sampai juga. Senaang~

lemukutan island

motor airnya ga sampe tepi, jadi disambut dengan sampan menuju pulau..
-diambil dari atas pondok-
Pikiran saya tentang pulau pertama kali itu adalah banyak pasir. Tapi ternyata bukan. Lemukutan ini dikelilingi teluk, batu-batuan dan laut yang warnanya ijo biru. Bagus banget. Ayah bilang, kalau mau main yang ada di pasirnya, ke pasir panjang aja sekalian. Kalau ke lemukutan, biasanya orang maunya ngerasain sensasi tinggal di pulau, snorkling, diving dan camping, lagipula kalau memang mau ke pantai tinggal nyebrang ke randayan yang ada di sebrang lemukutan, nyewa motor air seharga 25.000.

Sampai di pulau, kami disambut sama keluarga Bang Andi, keponakan jauh ayah. Bang Andi ini masih satu-satunya yang punya pondok kecil-kecilan di pulau. Jadi kalau ada yang ke Lemukutan, bakal nginap di pondok Bang Andi. Jujur aja saya seneng banget, karna keluarga Bang Andi bener-bener nyambut kami ramah, dan saya langsung cepat akrab sama mereka. Disana saya dipanggil Along, hehe. Kalau ayah udah ga usah ditanya, langsung cuap-cuap pake bahasa sambas sama mereka. Saya sih nyimak aja dah :D

Datang-datang kami juga langsung disuruh makan. Rasa makanannya jangan ditanya lagi, ikan asam pedasnya, sayurnya, sambelnyaa, waah pokoknya khas dan manteep! Makan sambil ngobrol-ngobrol, dengerin cerita bang Andy. Bang Andy cerita memang betul kami datangnya hari-hari kerja, karna kalau Sabtu-Minggu biasanya memang rame. Minggu lalu, ada anak-anak dari IP yang datang, trus minggu ini anak-anak hukum yang nyewa. Kalau misalnya ada tamu kan ga mungkin kami bisa tidur di pondokan. :p

Sorenya saya sama ayah jalan-jalan ke sekitaran pulau sama bang andy, ngomongin prospek lemukutan ke depannya. Memang sih saya dan ayah ke pulau ini juga dengan alasan survey, ga sekedar have fun. Doakan saja akan cepat ada kabar gembira dan bisnis baru bisa dibuat dari pulau lemukutan ini, insya Allah jika Allah mengijinkan..

-diambil waktu survey-
Kemudian, saya dan ayah disuruh snorkling sama bang Andi. Langsung aja kami siap-siap, make pelampung, kacamata sama alat bantu pernapasannya. Trus nyebur deh. Kalau saya sih snorkling abal-abal, cuma berani di teluk aja, ga berani sampe tengah. Kalau ayah sampai ke tengah. Sebenernya, terumbu karang di teluk cuma didominasi warna ijo dan kuning, kalo agak ke tengahan dikit, ayah bilang lebih baguuss dari yang di teluk, dan cukup banyak ikannya. Saya pengeenn, tapi bener-bener ga berani. Sedangkan di teluk aja kaki saya udah ga jejak, apalagi ke tengah sana. Karnaa, hmm, ga bisa berenang.. hehe (>-<")>

one of my best moment! ^^
Kata ayah, terumbu karang disini udah ga sebanyak dulu waktu jaman 90an-2000an awal. Dulu masih banyaak sekali dan warnanya beragam-ragam. Bahkan, warna airnya lebih bening, sampe-sampe jelas nampak terumbu karang di teluk walaupun ga lagi snorkling. Ya mungkin banyak faktor kenapa sekarang udah ga kayak dulu lagi, ayah bilang disini pernah ada jamannya nangkap ikan pake dibom, jadi terumbu karangnya rusak, kurangnya perhatian terhadap penjagaan terumbu karang oleh warga setempat, pokoknya banyak faktor lah. Mudah-mudahan di taun-taun ke depan kita bisa bantu ngelestariinnya.

Menjelang magrib, kami bakar-bakar ikan. Selain ikan yang kita bakar, ada ikan yang dimasakin lagi sama istri bang andy, pokoknya disana makan terus deh. Makan bareng-bareng keluarga bang andy dan anak buah bang andy juga.

sama cowok cakep :)))))

ikan mayok, maknyuuss~
Malamnya, kami ngumpul di rumah bang Andy, minum es kelapa sambil nonton video dokumentasi ayah waktu ke pulau sama bang arif, abang sepupu saya dan teman-teman ayah . Jadul dan gokil! Ayah masih kurus, bang Arif masih muda banget kayaknya sih SMP.. hahahaa *puas ngetawain* :D

magrib time~
Sekitaran jam 9, ayah ngajakin saya ke bagan ikan. Jadi bagan ikan itu kayak tempat nelayan nungguin buat nangkapin ikan. Letaknya di agak tengahan laut, jadi ya harus nyampan untuk kesana.

bagan dari kejauhan

bagan dari dekat, diambil di sampan.. kalau malam, pukat (jaring yg ngegantung itu) di  turunkan sampe ke dalam laut..
Sebenernya saya ragu buat ikut, masih belum bisa ngebayangin gitu berdiri di atas bagan tinggi disana. Tapi ayah lagi-lagi bilang, belum ke pulau kalau belum ke bagan, belum ke bagan belum bisa jadi nelayan. Hehe, akhirnya ga lama mikir saya ikutan juga. Yang pergi itu saya, ayah dan anak buah-anak buah bang Andy. Jadi memang saya cewek sendiri disana. Ga masalah sih sebenernya, yang penting ada ayah. Hehe. Sensasi naik sampan di malam hari ke tengah-tengah laut juga sangat-sangat-sangat luar biasa. Saya ini sebenernya paling gemetaran kalo naik sampan, temen-temen di ikarisda tau betul gimana gemeterannya saya waktu rihlah naik sampan di sungai kapuas. Tapi gara-gara di pulau ini, saya jadi terbiasa sendiri, abis apa-apa nyampan terus sih. ^^

Nah, sampe di bagan, manjat dulu untuk sampe ke atas. Karna udah ikut mukhayyam minggu lalu, hihi, jadi ga masalaah, walaupun aslinya itu bagan lumayan tinggi. Di atas bagan saya udah ngasik ngeliatin ayah dan abang-abang mancing dan heboh waktu ada ikan masuk pukat. Dari sini kita banyak belajar kesabaran, trus kerja sama, soalnya untuk naikin pukat itu harus muter tongkang kayu gede yang berat banget pake tangan, terus-terusan sampe pukat isi ikannya naik, jadi orang di pulau ini selain pekerja keras, badannya sehat-sehat semua. Itung-itung nge-gym tradisional. Hehe. Kalau lagi nungguin ga ada kerjaan gitu, bisa tiduran di pondokan kecil di dalam. Kami disana sampe jam 12an malam, ngantuk beraat, lagipula mau hujan. Kita pun balik lagi nyampan ke pondok. Pengalaman yang cukup berkesan :)

Pagi-paginya saya maen sampan sama ayah. Tapi teteep dong pake pelampung, takut kebalik. hahaa. Jaga-jaga aja sih sebenernya :p Kita nyusurin sekitar pulau, diajarin make kayuh. Asiik berat. Di momen ini naik sampan udah kayak naik digoncengin motor, saking terbiasanya. ^^ Udah ilang rasanya gemetaran dan takutnya saya naik sampan.

Add caption

Suerr, foto saya yang ngayuh itu nggaya, aselinya maju segan mundur tak mau. Haha. :D Oya, gambar yang di belakang kayak jembatan itu namanya steher, lagi dibuat bang Andy sama anak buahnya, jadi kalau ada pendatang yang datang motor airnya bisa sampai tepi pulau langsung. Selesai nyampan, yang cowok-cowok kayak ayah, bang Andy, para anak buah bang Andy dan anak laki-lakinya bang Andy (Restu, 9 tahun) berenang dan snorkling sambil nyari kerang buat dimakan. Minder banget saya sama restu -.-

Kak usu, istrinya bang Andy masak untuk kami, dan saya dimintain tolong jagain anaknya, Ainun umur 3 bulan \^o^/ Sambil ngejagain, ngobrol-ngobrol juga sama anak perempuan bang andy yang lain, Resti dan Nita, sambil belajar bahasa Sambas. :D
Ainuuunn~ dedek bayi cantik, manis, ngangenin, lucu, sholehah, imut, tembem dan paling ga reweel~ >.< Kangeenn :"))))

Resti dan Nita ^^
Menjelang siang, semua bawa kerang hasil tangkapan untuk dimasak. Jadi siang itu kita makan enak (lagi), kerangnya dimasak sambel sama kak usu, trus masak ikan mayo juga, ya Allah beneran maknyuus deh pokoknya. Mantep banget. Selesai makan, waktu bapak-bapaknya lagi sholat jum'at, saya diajak kak usu untuk keliling pulau pake motor. Ngunjungin tetangga dan keuarganya sampe ujung pulau. Nah, satu yang saya kagumin disini, masyarakatnya itu kenal satu sama lain dari ujung ke ujung, jadi nih selama perjalanan kami ngelewatin rumah-rumah atau ada yang rame-rame lagi nyantai, pasti Kak usu negur atau ditegur. Asli, sepanjang jalan kalo ketemu orang. Trus kak usu ngenalin saya ke sodara-sodaranya dan beberapa tetangganya sebagai "anak pak anjang wanda." Beberapa yang memang kenal ayah bakal perhatian nanya-nanyain saya, aduuh senang lah pokoknya. Ramah bangeett semuanya :"))))

Oya, di pulau ini lagi musim panen cengkeh, jadi dimana-mana keliatan orang lagi jemur cengkeh. Kalo lagi panen raya, masyarakat pulau bisa dapat penghasilan hampir mencapai jutaan rupiah, apalagi yang punya banyak pohon, bisa sampe puluhan juta. Tapi panen raya itu cuma 2 tahun sekali, kalo panen biasa, lumayan lah untuk kehidupan sehari-hari.

Sekitar jam 2an, akhirnya kami bersiap pulang dan pamitan. Hiks, lumayan sedih banget mau pulang dari pulau, apalagi pisah sama ainun. Belum puaaas. Tapi mau gimana lagi sabtu-minggu saya full agenda. Bang Andy berkali-kali mesanin ke kita untuk jangan lupa main-main kesini lagi nanti. Kak usu dan anak-anaknya juga ngantarin kami, "hati-hati ye aloong.." iyaa~~ :")))

restu in action

Sayonara pulauu~
Iya, Insya Allah, di lain kesempatan kami bakal kembali ke pulau ini, ayah bakal ngeboyong mama dan saya untuk kedua kalinya, dan hanif-hafis buat pertama kalinya. Semoga bisa secepatnya lagi. aamiin. :)

siap kembali ke pontianak :)
Terima kasih atas segala keramahannya, pulau.. We'll be back insya Allah ^^

1. keren....
    dulu daerah t4 penginapan yg d buat bang andy hutan skarang udh ade pondok2 keren kayak villa:D hehe

2. waw keren ni,,
    boleh ni lain kali kalau mau pegi ke lemukutan ikutan :)
    he.,.he.,.

thank you for your time and your words! ^^

Para Kesatria Sunyi oleh Salim A. Fillah

Untuk mengawali tulisan-tulisan saya selanjutnya di blog ini, berikut merupakan kultweet yang saya ambil dari twitter Ustad @salimafillah,...